Para ulama telah berselisih menjadi dua Para ulama telah berselisih menjadi dua pendapat tentang berapakah jumlah pendapat tentang berapakah jumlah minimal bidadari (yang diciptakan Allah minimal bidadari (yang diciptakan Allah di surga) yang akan diperoleh setiap di surga) yang akan diperoleh setiap lelaki penghuni surga?, lelaki penghuni surga?,
Pendapat pertama menyatakan bahwa Pendapat pertama menyatakan bahwa setiap penghuni surga akan setiap penghuni surga akan
wanita-mendapatkan dua istri dari wanita-
dari
istri
dua
mendapatkan
wanita dunia dan 70 bidadari dari al-wanita dunia dan 70 bidadari dari al-huur al-‘iiin (bidadari yang diciptakan di huur al-‘iiin (bidadari yang diciptakan di surga). Dan inilah pendapat yang dipilih surga). Dan inilah pendapat yang dipilih oleh Al-‘Irooqi, beliau berkata oleh Al-‘Irooqi, beliau berkata
ﺗﺒﻴﻦ ﺗﺒﻴﻦ ﻗﺪ ﻗﺪ ﻟﻪ ﻟﻪ ﻳﻜﻮن ﻳﻜﻮن ﻣﺎ ﻣﺎ أﻗﻞ أﻗﻞ وأن وأن ، ، اﻟﺪﻧﻴﺎ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻧﺴﺎء ﻧﺴﺎء ﻣﻦ ﻣﻦ اﻟﺠﻨﺔ اﻟﺠﻨﺔ ﻟﺴﺎﻛﻦ ﻟﺴﺎﻛﻦ
ﺑﺒﻘﻴﺔ ﺑﺒﻘﻴﺔ
اﻟﺮواﻳﺎت اﻟﺮواﻳﺎت
أن أن
اﻟﺰوﺟﻴﻦ اﻟﺰوﺟﻴﻦ
أﻗﻞ أﻗﻞ
ﻳﻜﻮن ﻳﻜﻮن ﻣﺎ ﻣﺎ
زوﺟﺔ زوﺟﺔ ﺳﺒﻌﻮن ﺳﺒﻌﻮن اﻟﻌﻴﻦ اﻟﻌﻴﻦ اﻟﺤﻮر اﻟﺤﻮر ﻣﻦ ﻣﻦ
riwayat-riwayat “Telah jelas dengan riwayat-riwayat
dengan
jelas
“Telah
hadits yang lain bahwasanya minimal hadits yang lain bahwasanya minimal bagi penghuni surga dua orang istri dari bagi penghuni surga dua orang istri dari wanita dunia dan 70 istri dari bidadari” wanita dunia dan 70 istri dari bidadari” (Torh At-Tatsriib 8/270). (Torh At-Tatsriib 8/270).
Dalil pendapat ini adalah sabda Nabi Dalil pendapat ini adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: shallallahu ‘alaihi wa sallam:
أَدْﻧَﻰ أَدْﻧَﻰ َّ َّ إِن إِن ﻟَﺜَﻼَثَ ﻟَﺜَﻼَثَ ُ ُ ﻟَﻪ ﻟَﻪ َّ َّ وَإِن وَإِن ُ، ُ، اﻟﺴﱠﺎﺑِﻌَﺔ اﻟﺴﱠﺎﺑِﻌَﺔ ُ ُ وَﻓَﻮْﻗَﻪ وَﻓَﻮْﻗَﻪ ِ، ِ، اﻟﺴﱠﺎدِﺳَﺔ اﻟﺴﱠﺎدِﺳَﺔ ﻋَﻠَﻰ ﻋَﻠَﻰ َ َ وَﻫُﻮ وَﻫُﻮ
دَرَﺟَﺎت دَرَﺟَﺎت َ َ ﻟَﺴَﺒْﻊ ﻟَﺴَﺒْﻊ ُ ُ ﻟَﻪ ﻟَﻪ َّ َّ إِن إِن ً، ً، ﻣَﻨْﺰِﻟَﺔ ﻣَﻨْﺰِﻟَﺔ ِ ِ اﻟْﺠَﻨﱠﺔ اﻟْﺠَﻨﱠﺔ ِ ِ أَﻫْﻞ أَﻫْﻞ
ٍ، ٍ،
ﻣِﺎﺋَﺔ ﻣِﺎﺋَﺔ وَإِنﱠ وَإِنﱠ ، ، اﻟﺪﱡﻧْﻴَﺎ اﻟﺪﱡﻧْﻴَﺎ َ َ ﻣِﻦ ﻣِﻦ ِ ِ أَزْوَاﺟِﻪ أَزْوَاﺟِﻪ ﺳِﻮَى ﺳِﻮَى ً ً زَوْﺟَﺔ زَوْﺟَﺔ َ َ وَﺳَﺒْﻌِﻴﻦ وَﺳَﺒْﻌِﻴﻦ
ﺧَﺎدِم ﺧَﺎدِم ِ ِ
اﻟْﺤُﻮر اﻟْﺤُﻮر َ َ ﻣِﻦ ﻣِﻦ ُ ُ ﻟَﻪ ﻟَﻪ َّ َّ وَإِن وَإِن
اﻟْﻌِﻴﻦ اﻟْﻌِﻴﻦ ِ ِ
ﻻَﺛْﻨَﻴْﻦِ ﻻَﺛْﻨَﻴْﻦِ ِ ِ
ٍ، ... ٍ، ...
اﻟْﻮَاﺣِﺪَة اﻟْﻮَاﺣِﺪَة
ﻣِﻨْﻬُﻦ ﻣِﻨْﻬُﻦ َ َ
ﻟَﻴَﺄْﺧُﺬ ﻟَﻴَﺄْﺧُﺬ َّ َّ
ﻣَﻘْﻌَﺪُﺗﻬَﺎ ﻣَﻘْﻌَﺪُﺗﻬَﺎ
ﻣِﻴﻞ ﻣِﻴﻞ َ َ ﻗَﺪْر ﻗَﺪْر
اﻷَرْضِ اﻷَرْضِ َ َ ﻣِﻦ ﻣِﻦ ٍ ٍ
“Sesungguhnya penghuni surga yang “Sesungguhnya penghuni surga yang paling rendah kedudukannya memiliki paling rendah kedudukannya memiliki tujuh derajat (tingkatan), dan ia berada tujuh derajat (tingkatan), dan ia berada di tingkat yang ke enam, di atasnya di tingkat yang ke enam, di atasnya tingkat yang ketujuh. Ia memiliki tiga tingkat yang ketujuh. Ia memiliki tiga ratus pelayan… dan ia memiliki 72 istri ratus pelayan… dan ia memiliki 72 istri dari al-huur al-‘iin (bidadari) selain istri-dari al-huur al-‘iin (bidadari) selain istri-
Dan istrinya dari para wanita dunia. Dan
wanita dunia.
istrinya dari para
salah seorang dari para bidadari salah seorang dari para bidadari tersebut tempat duduknya seukuran tersebut tempat duduknya seukuran satu mil di dunia” satu mil di dunia” (HR Ahmad 2/537 no (HR Ahmad 2/537 no 10945, hadits ini adalah hadits yang 10945, hadits ini adalah hadits yang lemah, pada isnadnya ada perawi yang lemah, pada isnadnya ada perawi yang
bin lemah yang bernama Syahr bin
Syahr
bernama
yang
lemah
Hausyab) Hausyab)
Dan inilah pendapat yang dipilih oleh Al-Dan inilah pendapat yang dipilih oleh Al-Haafiz Ibnu Hajar, beliau berkata tatkala Haafiz Ibnu Hajar, beliau berkata tatkala menjelaskan hadits yang diriwayatkan menjelaskan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh dari Nabi shallallahu oleh Abu Huroiroh dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘alaihi wa sallam:
أَوﱠل أَوﱠل وَﻻَ وَﻻَ َ َ ﻳَﻤْﺘَﺨِﻄُﻮْن ﻳَﻤْﺘَﺨِﻄُﻮْن َ َ وَﻻ وَﻻ ﻓِﻴْﻬَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ َ َ ﻳَﺒْﺼُﻘُﻮْن ﻳَﺒْﺼُﻘُﻮْن َ َ ﻻ ﻻ ِ ِ اﻟْﺒَﺪْر اﻟْﺒَﺪْر َ َ ﻟَﻴْﻠَﺔ ﻟَﻴْﻠَﺔ
زُﻣْﺮَة زُﻣْﺮَة ُ ُ
اﻟْﺠَﻨﱠﺔ اﻟْﺠَﻨﱠﺔ ُ ُ ﺗَﻠِﺞ ﺗَﻠِﺞ ٍ ٍ
ﺻُﻮْرَﺗُﻬُﻢ ﺻُﻮْرَﺗُﻬُﻢ َ َ
ﻋَﻠَﻰ ﻋَﻠَﻰ ْ ْ
ﺻُﻮْرَة ﺻُﻮْرَة
اﻟْﻘَﻤَﺮِ اﻟْﻘَﻤَﺮِ ِ ِ
ﻳَﺘَﻐَﻮﱠﻃُﻮْن ﻳَﺘَﻐَﻮﱠﻃُﻮْن ورﺷﺤﻬﻢ ورﺷﺤﻬﻢ اﻷﻟﻮة اﻷﻟﻮة ْ ْ وَﻣَﺠَﺎﻣِﺮُﻫُﻢ وَﻣَﺠَﺎﻣِﺮُﻫُﻢ ِ ِ وَاﻟْﻔِﻀﱠﺔ وَاﻟْﻔِﻀﱠﺔ ِ ِ اﻟﺬﱠﻫَﺐ اﻟﺬﱠﻫَﺐ
آﻧِﻴَﺘُﻬُﻢ آﻧِﻴَﺘُﻬُﻢ َ َ
ﻓِﻴْﻬَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ ْ ْ
اﻟﺬﱠﻫَﺐ اﻟﺬﱠﻫَﺐ
أَﻣْﺸَﺎﻃُﻬُﻢ أَﻣْﺸَﺎﻃُﻬُﻢ ُ ُ
ﻣِﻦَ ﻣِﻦَ ْ ْ
ﺳُﻮْﻗِﻬِﻤَﺎ ﺳُﻮْﻗِﻬِﻤَﺎ ُ ُ ﻣُﺦ ﻣُﺦ ﻳُﺮَى ﻳُﺮَى ِ ِ زَوْﺟَﺘَﺎن زَوْﺟَﺘَﺎن ْ ْ ﻣِﻨْﻬُﻢ ﻣِﻨْﻬُﻢ ٍ ٍ وَاﺣِﺪ وَاﺣِﺪ ِّ ِّ وَﻟِﻜُﻞ وَﻟِﻜُﻞ ُ ُ اﻟْﻤِﺴْﻚ اﻟْﻤِﺴْﻚ وَﻻَ وَﻻَ ْ ْ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢ َ َ اﺧْﺘِﻼَف اﺧْﺘِﻼَف وَﻻَ وَﻻَ ِ ِ اﻟْﺤَﺴَﻦ اﻟْﺤَﺴَﻦ َ َ ﻣِﻦ ﻣِﻦ ِ ِ اﻟﻠﱠﺤْﻢ اﻟﻠﱠﺤْﻢ ِ ِ وَرَاء وَرَاء ْ ْ ﻣِﻦ ﻣِﻦ
ﺗَﺒَﺎﻏُﺾ ﺗَﺒَﺎﻏُﺾ وَﻋَﺸِﻴﺎ وَﻋَﺸِﻴﺎ ً ً ﺑُﻜْﺮَة ﺑُﻜْﺮَة
ﻗُﻠُﻮْﺑُﻬُﻢ ﻗُﻠُﻮْﺑُﻬُﻢ َ َ
ﻗَﻠْﺐ ﻗَﻠْﺐ ْ ْ
رَﺟُﻞ رَﺟُﻞ ُ ُ
وَاﺣِﺪ وَاﺣِﺪ ٍ ٍ
ﻳُﺴَﺒﱢﺤُﻮْن ﻳُﺴَﺒﱢﺤُﻮْن ٍ ٍ
ﷲَ ﷲَ َ َ
“Rombongan yang pertama kali masuk “Rombongan yang pertama kali masuk
bentuk surga bentuk mereka seperti bentuk
seperti
mereka
bentuk
surga
rembulan di malam purnama, mereka rembulan di malam purnama, mereka tidak berludah, tidak beringus, tidak tidak berludah, tidak beringus, tidak buang air. Bejana-bejana mereka dari buang air. Bejana-bejana mereka dari emas, sisir-sisir mereka dari emas dan emas, sisir-sisir mereka dari emas dan perak, pembakar gaharu mereka dari perak, pembakar gaharu mereka dari kayu india, keringat mereka beraroma kayu india, keringat mereka beraroma misik, dan bagi setiap mereka dua orang misik, dan bagi setiap mereka dua orang
betis istri, yang Nampak sum-sum betis
sum-sum
Nampak
yang
istri,
mereka di balik daging karena mereka di balik daging karena
Tidak ada perselisihan di kecantikan. Tidak ada perselisihan di
kecantikan.
antara mereka, tidak ada permusuhan, antara mereka, tidak ada permusuhan, hati-hati mereka hati yang satu, mereka hati-hati mereka hati yang satu, mereka bertasbih kepada Allah setiap pagi dan bertasbih kepada Allah setiap pagi dan petang” petang” (HR Al-Bukhari no 3073) (HR Al-Bukhari no 3073)
Ibnu Hajar berkata, “Dan sabda Nabi Ibnu Hajar berkata, “Dan sabda Nabi
وَﻟِﻜُﻞ وَﻟِﻜُﻞ زَوْﺟَﺘَﺎنِ زَوْﺟَﺘَﺎنِ ْ ْ ﻣِﻨْﻬُﻢ ﻣِﻨْﻬُﻢ “Masing-masing mereka “Masing-masing mereka
وَاﺣِﺪٍ وَاﺣِﺪٍ ِّ ِّ
shallallahu ‘alaihi wa sallam shallallahu ‘alaihi wa sallam
mendapatkan dua istri”, yaitu istri dari mendapatkan dua istri”, yaitu istri dari para wanita dunia. Imam Ahmad telah para wanita dunia. Imam Ahmad telah meriwayatkan dari sisi yang lain dari meriwayatkan dari sisi yang lain dari Abu Huroiroh secara marfuu’ tentang Abu Huroiroh secara marfuu’ tentang sifat penghuni surge yang paling rendah sifat penghuni surge yang paling rendah kedudukannya bahwasana ia memiliki kedudukannya bahwasana ia memiliki 72 bidadari selain istri-istrinya yang dari 72 bidadari selain istri-istrinya yang dari dunia” (Fathul Baari 6/325) dunia” (Fathul Baari 6/325)
Adapun pendapat kedua, yaitu setiap Adapun pendapat kedua, yaitu setiap penghuni surga akan memperoleh dua penghuni surga akan memperoleh dua
dari istri. Dan dua istri ini adalah dari
adalah
ini
istri
dua
Dan
istri.
kalangan bidadari surga, dan bukan dari kalangan bidadari surga, dan bukan dari
Dalam kalangan para wanita dunia. Dalam
dunia.
wanita
para
kalangan
riwayat yang lain ada tambahan lafal riwayat yang lain ada tambahan lafal yang menafsirkan dengan tegas bahwa yang menafsirkan dengan tegas bahwa dua istri tersebut adalah dari kalangan dua istri tersebut adalah dari kalangan bidadari. Dalam riwayat yang lain bidadari. Dalam riwayat yang lain
أَوﱠل أَوﱠل ﻓِﻲ ﻓِﻲ ٍّ ٍّ دُرﱢي دُرﱢي ٍ ٍ ﻛَﻮْﻛَﺐ ﻛَﻮْﻛَﺐ ِ ِ ﻛَﺄَﺣْﺴَﻦ ﻛَﺄَﺣْﺴَﻦ ْ ْ آﺛَﺎرِﻫِﻢ آﺛَﺎرِﻫِﻢ ﻋَﻠَﻰ ﻋَﻠَﻰ َ َ وَاﻟﱠﺬِﻳْﻦ وَاﻟﱠﺬِﻳْﻦ
زُﻣْﺮَة زُﻣْﺮَة ُ ُ
ﺗَﺪْﺧُﻞ ﺗَﺪْﺧُﻞ ٍ ٍ
اﻟْﺠَﻨﱠﺔ اﻟْﺠَﻨﱠﺔ ُ ُ
ﻋَﻠَﻰ ﻋَﻠَﻰ َ َ
ﺻُﻮْرَة ﺻُﻮْرَة
اﻟْﻘَﻤَﺮ اﻟْﻘَﻤَﺮ ِ ِ
ﻟَﻴْﻠَﺔ ﻟَﻴْﻠَﺔ ِ ِ
اﻟْﺒَﺪْرِ اﻟْﺒَﺪْرِ َ َ
ﻻَ ﻻَ ٍ ٍ وَاﺣِﺪ وَاﺣِﺪ ٍ ٍ رَﺟُﻞ رَﺟُﻞ ِ ِ ﻗَﻠْﺐ ﻗَﻠْﺐ ﻋَﻠَﻰ ﻋَﻠَﻰ ْ ْ ﻗُﻠُﻮْﺑُﻬُﻢ ﻗُﻠُﻮْﺑُﻬُﻢ ً ً إِﺿَﺎءَة إِﺿَﺎءَة ِ ِ اﻟﺴﱠﻤَﺎء اﻟﺴﱠﻤَﺎء زَوْﺟَﺘَﺎنِ زَوْﺟَﺘَﺎنِ ْ ْ ﻣِﻨْﻬُﻢ ﻣِﻨْﻬُﻢ ٍ ٍ اﻣْﺮِئ اﻣْﺮِئ ِّ ِّ ﻟِﻜُﻞ ﻟِﻜُﻞ َ َ ﺗَﺤَﺎﺳُﺪ ﺗَﺤَﺎﺳُﺪ َ َ وَﻻ وَﻻ ْ ْ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢ َ َ ﺗَﺒَﺎﻏُﺾ ﺗَﺒَﺎﻏُﺾ
اﻟْﺤُﻮْر اﻟْﺤُﻮْر َ َ ﻣِﻦ ﻣِﻦ وَاﻟﻠﱠﺤْﻢِ وَاﻟﻠﱠﺤْﻢِ
اﻟْﻌِﻴْﻦ اﻟْﻌِﻴْﻦ ِ ِ
ﻳُﺮَى ﻳُﺮَى ِ ِ
ﺳُﻮْﻗِﻬِﻦ ﺳُﻮْﻗِﻬِﻦ ُ ُ ﻣُﺦ ﻣُﺦ
وَرَاء وَرَاء ْ ْ ﻣِﻦ ﻣِﻦ َّ َّ
اﻟْﻌَﻈْﻢِ اﻟْﻌَﻈْﻢِ ِ ِ
“Rombongan yang pertama kali masuk “Rombongan yang pertama kali masuk surga dalam bentuk rembulan di malam surga dalam bentuk rembulan di malam purnama, dan rombongan berikutnya purnama, dan rombongan berikutnya seperti bintang yang bersinar paling seperti bintang yang bersinar paling terang, hati-hati mereka satu hati, tidak terang, hati-hati mereka satu hati, tidak
dengki ada kebencian dan saling dengki
saling
dan
kebencian
ada
diantara mereka. Masing-masing diantara mereka. Masing-masing
dari mereka mendapatkan dua istri dari
istri
dua
mendapatkan
mereka
bidadari, yang Nampak sum-sum betis-bidadari, yang Nampak sum-sum betis-betis bidadari-bidadari tersebut di balik betis bidadari-bidadari tersebut di balik tulang dan daging (karena cantiknya)” tulang dan daging (karena cantiknya)” (HR Al-Bukhari no 3081 dan Muslim no (HR Al-Bukhari no 3081 dan Muslim no 7325) 7325)
Dan inilah pendapat yang diisyaratkan Dan inilah pendapat yang diisyaratkan oleh Ibnul Qoyyim, ketika menjelaskan oleh Ibnul Qoyyim, ketika menjelaskan
Hausyab lemahnya hadits Syahr bin Hausyab
bin
Syahr
hadits
lemahnya
diatas. Beliau berkata, “Hadits (Syahr diatas. Beliau berkata, “Hadits (Syahr bin Hausyab) ini munkar menyelisihi bin Hausyab) ini munkar menyelisihi hadits-hadits yang shahih, karena tinggi hadits-hadits yang shahih, karena tinggi 60 hasta (yang itu merupakan tinggi 60 hasta (yang itu merupakan tinggi penduduk surga sebagaimana penduduk surga sebagaimana
yang dijelaskan dalam hadits-hadits yang
hadits-hadits
dalam
dijelaskan
shahih-pen) tidaklah mungkin bisa shahih-pen) tidaklah mungkin bisa menjadikan tempat duduk penghuni menjadikan tempat duduk penghuni surga (sebagaimana dalam hadits Syahr surga (sebagaimana dalam hadits Syahr bin Hausyab di atas-pen) seukuran satu bin Hausyab di atas-pen) seukuran satu mil dunia. Yang terdapat di shahih al-mil dunia. Yang terdapat di shahih al-
Muslim Bukhari dan shahih Muslim
shahih
dan
Bukhari
bahwasanya rombongan pertama yang bahwasanya rombongan pertama yang masuk dalam surga masing-masing masuk dalam surga masing-masing dari mereka mendapatkan dua istri dari dari mereka mendapatkan dua istri dari kalangan bidadari, maka bagaimana kalangan bidadari, maka bagaimana
rendah bisa bagi orang yang paling rendah
paling
yang
orang
bagi
bisa
kedudukannya di surga memperoleh 72 kedudukannya di surga memperoleh 72 bidadari?” (Haadil Arwaah 106) bidadari?” (Haadil Arwaah 106)
Dan ini juga pendapat yang dipilih oleh Dan ini juga pendapat yang dipilih oleh Mahmud syukri, dimana beliau berkata, Mahmud syukri, dimana beliau berkata,
hadits-hadits “Yang terdapat dalam hadits-hadits
dalam
terdapat
“Yang
yang shahih hanyalah ((Bagi masing-yang shahih hanyalah ((Bagi masing-masing penghuni surga dua istri)), dan masing penghuni surga dua istri)), dan tidak terdapat dalam shahih (Al-Bukhari tidak terdapat dalam shahih (Al-Bukhari dan Muslim) tambahan lebih dari dua dan Muslim) tambahan lebih dari dua istri. Jika hadits-hadits yang istri. Jika hadits-hadits yang menyebutkan tambahan (lebih) dari dua menyebutkan tambahan (lebih) dari dua istri adalah hadits-hadits yang shahih istri adalah hadits-hadits yang shahih maka maksudnya adalah gundik-gundik maka maksudnya adalah gundik-gundik sebagai tambahan selain dari dua istri… sebagai tambahan selain dari dua istri… atau maksudnya sang penghuni surga atau maksudnya sang penghuni surga diberi kekuatan untuk menjimak jumlah diberi kekuatan untuk menjimak jumlah bilangan (tambahan) tersebut. Dan bilangan (tambahan) tersebut. Dan inilah yang datang dalam hadits yang inilah yang datang dalam hadits yang
perawi shahih lantas sebagian perawi
sebagian
lantas
shahih
meriwayatkan dengan secara makna meriwayatkan dengan secara makna
setiap lalu berkata, “Maka bagi setiap
bagi
“Maka
berkata,
lalu
penghuni surga jumlah sekian dan penghuni surga jumlah sekian dan sekian bidadari” (Syarh Abyaatul sekian bidadari” (Syarh Abyaatul Jannah min Nuuniyah Ibnil Qoyyim 210-Jannah min Nuuniyah Ibnil Qoyyim 210-211), dan pendapat kedua inilah yang 211), dan pendapat kedua inilah yang dikuatkan oleh Syaikh Al-Albani (Ad-dikuatkan oleh Syaikh Al-Albani (Ad-Dho’iifah dalam syarah hadits no 6103) Dho’iifah dalam syarah hadits no 6103)
Meskipun ada kekhususan bagi para Meskipun ada kekhususan bagi para syuhadaa’ (mereka yang mati di medan syuhadaa’ (mereka yang mati di medan jihad) maka bagi mereka 72 bidadari. jihad) maka bagi mereka 72 bidadari. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bersabda ﻳُﻐْﻔَﺮَ ﻳُﻐْﻔَﺮَ ْ ْ أَن أَن ٍ ٍ ﺧِﺼَﺎل ﺧِﺼَﺎل َّ َّ ﺳِﺖ ﺳِﺖ َّ َّ وَﺟَﻞ وَﺟَﻞ َّ َّ ﻋَﺰ ﻋَﺰ ِ ِ اﻟﻠﱠﻪ اﻟﻠﱠﻪ َ َ ﻋِﻨْﺪ ﻋِﻨْﺪ ِ ِ ﻟِﻠﺸﱠﻬِﻴﺪ ﻟِﻠﺸﱠﻬِﻴﺪ َّ َّ إِن إِن اﻟْﺠَﻨﱠﺔِ اﻟْﺠَﻨﱠﺔِ ْ ْ ﻣِﻦ ﻣِﻦ ُ ُ ﻣَﻘْﻌَﺪَه ﻣَﻘْﻌَﺪَه وَﻳَﺮَى وَﻳَﺮَى ِ ِ دَﻣِﻪ دَﻣِﻪ ْ ْ ﻣِﻦ ﻣِﻦ ٍ ٍ دَﻓْﻌَﺔ دَﻓْﻌَﺔ ِ ِ أَوﱠل أَوﱠل ﻓِﻲ ﻓِﻲ ُ ُ ﻟَﻪ ﻟَﻪ
وَﻳُﺤَﻠﱠﻰ وَﻳُﺤَﻠﱠﻰ اﻷَْﻛْﺒَﺮِ اﻷَْﻛْﺒَﺮِ ِ ِ اﻟْﻔَﺰَع اﻟْﻔَﺰَع ْ ْ ﻣِﻦ ﻣِﻦ َ َ وَﻳَﺄْﻣَﻦ وَﻳَﺄْﻣَﻦ ِ ِ اﻟْﻘَﺒْﺮ اﻟْﻘَﺒْﺮ ِ ِ ﻋَﺬَاب ﻋَﺬَاب ْ ْ ﻣِﻦ ﻣِﻦ
اﻹِْﻳﻤَﺎن اﻹِْﻳﻤَﺎن َ َ ﺣُﻠﱠﺔ ﺣُﻠﱠﺔ
وَﻳُﺰَوﱠج وَﻳُﺰَوﱠج ِ ِ
اﻟْﺤُﻮر اﻟْﺤُﻮر ْ ْ ﻣِﻦ ﻣِﻦ َ َ
اﻟْﻌِﻴﻦ اﻟْﻌِﻴﻦ ِ ِ
وَﻳُﺠَﺎرَ وَﻳُﺠَﺎرَ ِ ِ
“Bagi orang yang mati syahid di sisi “Bagi orang yang mati syahid di sisi Allah enam keutamaan, ia diampuni Allah enam keutamaan, ia diampuni tatkala pertama kali darahnya muncrat, tatkala pertama kali darahnya muncrat, ia melihat tempat duduknya di surga, ia ia melihat tempat duduknya di surga, ia dihiasi dengan gaun keimanan, dan ia dihiasi dengan gaun keimanan, dan ia dinikahkan dengan 72 bidadari, ia dinikahkan dengan 72 bidadari, ia
dan diselamatkan dari adzab qubur, dan
qubur,
dari adzab
diselamatkan
diamankan tatkala hari kebangkitan” diamankan tatkala hari kebangkitan” (HR Ahmad no 17182, At-Thirmidzi no (HR Ahmad no 17182, At-Thirmidzi no 1663, dan dishahihkan oleh Syaikh Al-1663, dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Shahihah no 3213) Albani dalam As-Shahihah no 3213)
Perselisihan di atas adalah mengenai Perselisihan di atas adalah mengenai jumlah minimal bidadari yang akan jumlah minimal bidadari yang akan diperoleh para lelaki penghuni surgea. diperoleh para lelaki penghuni surgea.
mukmin Tentunya jika seorang mukmin
seorang
jika
Tentunya
menghendaki lebih dari dua bidadari menghendaki lebih dari dua bidadari maka akan dikabulkan oleh Allah maka akan dikabulkan oleh Allah berdasarkan keumuman firman Allah berdasarkan keumuman firman Allah
وَﻟَﻜُﻢ وَﻟَﻜُﻢ
ﻓِﻴﻬَﺎ ﻓِﻴﻬَﺎ ْ ْ
ﺗَﺸْﺘَﻬِﻲ ﺗَﺸْﺘَﻬِﻲ ﻣَﺎ ﻣَﺎ
أَﻧْﻔُﺴُﻜُﻢ أَﻧْﻔُﺴُﻜُﻢ
وَﻟَﻜُﻢ وَﻟَﻜُﻢ ْ ْ
ﻓِﻴﻬَﺎ ﻓِﻴﻬَﺎ ْ ْ
ﺗَﺪﱠﻋُﻮنَ ﺗَﺪﱠﻋُﻮنَ ﻣَﺎ ﻣَﺎ
Di dalamnya kamu memperoleh apa Di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh yang kamu inginkan dan memperoleh
kamu (pula) di dalamnya apa yang kamu
yang
apa
dalamnya
di
(pula)
minta. minta. (QS Fusshilat : 31) (QS Fusshilat : 31)
Juga firman Allah Juga firman Allah
ﻳُﻄَﺎف ﻳُﻄَﺎف ﺧَﺎﻟِﺪُونَ ﺧَﺎﻟِﺪُونَ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻓِﻴﻬَﺎ ْ ْ وَأَﻧْﺘُﻢ وَأَﻧْﺘُﻢ ُ ُ اﻷﻋْﻴُﻦ اﻷﻋْﻴُﻦ ُّ ُّ وَﺗَﻠَﺬ وَﺗَﻠَﺬ ُ ُ اﻷﻧْﻔُﺲ اﻷﻧْﻔُﺲ ِ ِ ﺗَﺸْﺘَﻬِﻴﻪ ﺗَﺸْﺘَﻬِﻴﻪ
ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢ ُ ُ
ﺑِﺼِﺤَﺎف ﺑِﺼِﺤَﺎف ْ ْ
ذَﻫَﺐ ذَﻫَﺐ ْ ْ ﻣِﻦ ﻣِﻦ ٍ ٍ
وَأَﻛْﻮَاب وَأَﻛْﻮَاب ٍ ٍ
وَﻓِﻴﻬَﺎ وَﻓِﻴﻬَﺎ ٍ ٍ
ﻣَﺎ ﻣَﺎ
٧١ ٧١ ) ) ) )
Diedarkan kepada mereka piring-piring Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya". (Az-mata dan kamu kekal di dalamnya". (Az-Zukhruf : 71) Zukhruf : 71)
Apa saja yang dihasratkan dan diminta Apa saja yang dihasratkan dan diminta oleh penghuni surga maka akan oleh penghuni surga maka akan dikabulkan oleh Allah. dikabulkan oleh Allah.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda : juga bersabda : وَاﺣِﺪَةٍ وَاﺣِﺪَةٍ ٍ ٍ ﻟُﺆْﻟُﺆَة ﻟُﺆْﻟُﺆَة ْ ْ ﻣِﻦ ﻣِﻦ ً ً ﻟَﺨَﻴْﻤَﺔ ﻟَﺨَﻴْﻤَﺔ ِ ِ اﻟْﺠَﻨﱠﺔ اﻟْﺠَﻨﱠﺔ ﻓِﻰ ﻓِﻰ ِ ِ ﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻦ ﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻦ َّ َّ إِن إِن أَﻫْﻠُﻮنَ أَﻫْﻠُﻮنَ ﻓِﻴﻬَﺎ ﻓِﻴﻬَﺎ ِ ِ ﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻦ ﻟِﻠْﻤُﺆْﻣِﻦ ً ً ﻣِﻴﻼ ﻣِﻴﻼ َ َ ﺳِﺘﱡﻮن ﺳِﺘﱡﻮن ﻃُﻮﻟُﻬَﺎ ﻃُﻮﻟُﻬَﺎ ٍ ٍ ﻣُﺠَﻮﱠﻓَﺔ ﻣُﺠَﻮﱠﻓَﺔ
ﻳَﻄُﻮف ﻳَﻄُﻮف
ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢ ُ ُ
اﻟْﻤُﺆْﻣِﻦ اﻟْﻤُﺆْﻣِﻦ ُ ُ
ﻳَﺮَى ﻳَﺮَى َ َ ﻓَﻼ ﻓَﻼ ُ ُ
ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢ
ﺑَﻌْﻀًﺎ ﺑَﻌْﻀًﺎ ْ ْ
“Bagi seorang mukmin di surga sebuah “Bagi seorang mukmin di surga sebuah kemah dari sebuah mutiara yang kemah dari sebuah mutiara yang berongga, panjangnya 60 mil, dan bagi berongga, panjangnya 60 mil, dan bagi seorang mukmin dalam kemah mutiara seorang mukmin dalam kemah mutiara tersebut istri-istrinya, sang mukmin tersebut istri-istrinya, sang mukmin berkeliling mengitari mereka sehingga berkeliling mengitari mereka sehingga sebagian mereka tidak melihat sebagian sebagian mereka tidak melihat sebagian yang lain” yang lain” (HR Al-Bukhari no 3243 dan (HR Al-Bukhari no 3243 dan Muslim no 7337) Muslim no 7337)
Al-Munaawi berkata, “Bagi sang Al-Munaawi berkata, “Bagi sang
ia mukmin istri-istri yang banyak, ia
banyak,
yang
istri-istri
mukmin
mengelilingi istri-istri tersebut untuk mengelilingi istri-istri tersebut untuk
yang menjimak mereka atau yang
atau
mereka
menjimak
semisalnya, sehingga sebagian bidadari semisalnya, sehingga sebagian bidadari tidak melihat bidadari yang lain karena tidak melihat bidadari yang lain karena besarnya kemah mutiara tersebut” (At-besarnya kemah mutiara tersebut” (At-Taisiir bi syarh al-Jaami’ as-Shogiir, 1/Taisiir bi syarh al-Jaami’ as-Shogiir, 1/685) 685)
Wahai para perindu dan peminang Wahai para perindu dan peminang bidadari… sadarkah anda betapa indah bidadari… sadarkah anda betapa indah
Allah dan sempurna bidadari yang Allah
yang
bidadari
sempurna
dan
siapkan untuk anda…???. Bayangkan siapkan untuk anda…???. Bayangkan jika anda memasuki sebuah istana di jika anda memasuki sebuah istana di
indah surga yang begitu cantik dan indah
dan
cantik
begitu
yang
surga
yang terbuat dari emas, permata, dan yang terbuat dari emas, permata, dan mutiara. Lantas ternyata dalam istana mutiara. Lantas ternyata dalam istana
sedang tersebut puluhan bidadari sedang
bidadari
puluhan
tersebut
menanti anda….seluruhnya tersenyum… menanti anda….seluruhnya tersenyum… seluruhnya merindukan kedatangan seluruhnya merindukan kedatangan
dan anda… seluruhnya menyeru dan
menyeru
seluruhnya
anda…
menyebut-nyebut nama anda dengan menyebut-nyebut nama anda dengan penuh kerinduan…semuanya berlomba penuh kerinduan…semuanya berlomba untuk melayani anda… untuk melayani anda…
.
.copas....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar